Mari sukseskan Puncak kegiatan GERNAS MANJUR 20 Mei 2016
Agen Penggerak Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gerakan Manjur) bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengharapkan seluruh guru, tenaga pendidikan , keluarga dan
lembaga PAUD untuk menyelenggarakan Pembelajaran Aku Anak Jujur dengan
10 prinsip PAUD . Puncak kegiatan GERNAS MANJUR tahun 2016 ini adalah
kegiatan pembelajaran serentak se Indonesia pada hari Kebangkitan
Nasional tanggal 20 Mei 2016
10 Prinsip PAUD tersebut adalah :
10 Prinsip PAUD tersebut adalah :
1. Belajar melalui bermain
Anak
di bawah usia 6 tahun berada pada masa bermain. Pemberian rangsangan
pendidikan dengan cara yang tepat melalui bermain, dapat memberikan
pembelajaran yang bermakna pada anak.
2. Berorientasi pada perkembangan anak
Pendidik harus mampu mengembangkan semua aspek perkembangan sesuai dengan tahapan
usia anak.
3. Berorientasi pada kebutuhan anak
Pendidik
harus mampu memberi rangsangan pendidikan atau stimulasi sesuai
dengan kebutuhan anak, termasuk anak-anak yang mempunyai kebutuhan
khusus.
4. Berpusat pada anak
Pendidik harus
menciptakan suasana yang bisa mendorong semangat belajar, motivasi,
minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian
sesuai dengan karakteristik, minat, potensi, tingkat perkembangan, dan
kebutuhan anak.
5. Pembelajaran aktif
Pendidik harus
mampu menciptakan suasana yang mendorong anak aktif mencari, menemukan,
menentukan pilihan, mengemukakan pendapat, dan melakukan serta
mengalami sendiri.
6. Berorientasi pada pengembangan nilai-nilai karakter
Pemberian
rangsangan pendidikan diarahkan untuk mengembangkan nilai-nilai yang
membentuk karakter yang positif pada anak. Pengembangan nilai-nilai
karakter tidak dengan pembelajaran langsung, akan tetapi melalui
pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan dan
keterampilan serta melalui pembiasaan dan keteladanan.
7. Berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup
Pemberian
rangsangan pendidikan diarahkan untuk mengembangkan kemandirian anak.
Pengembangan kecakapan hidup dilakukan secara terpadu baik melalui
pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan
maupun melalui pembiasaan dan keteladanan.
8. Didukung oleh lingkungan yang kondusif
Lingkungan
pembelajaran diciptakan sedemikian rupa agar menarik, menyenangkan,
aman, dan nyaman bagi anak. Penataan ruang diatur agar anak dapat
berinteraksi dengan pendidik, pengasuh, dan anak lain.
9. Berorientasi pada pembelajaran yang demokratis
Pembelajaran
yang demokratis sangat diperlukan untuk mengembangkan rasa saling
menghargai antara anak dengan pendidik, dan antara anak dengan anak
lain.
10. Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber Penggunaan
media
belajar, sumber belajar, dan narasumber yang ada di lingkungan PAUD
bertujuan agar pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna. Termasuk
narasumber adalah orang-orang dengan profesi tertentu yang
dilibatkan sesuai dengan tema, misalnya dokter, polisi, nelayan, dan
petugas pemadam kebakaran.
Di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur sendiri Agen Penggerak Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gerakan Manjur) sudah dikukuhkan pada tanggal 9 April 2016 yang lalu yang dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum HIMPAUDI Prof.Dr.Ir . Netti Herawati M.Si .
Post a Comment