Header Ads

Himpaudi Jayaa

“Monitoring BOP, Kendali Tiadanya Penyimpangan”



Monitoring bantuan di lembaga,  adalah sesuatu yang biasa di lakukan bagi lembaga penerima bantuan. Dengan adanya monitoring, di harapkan lembaga penerima bantuan, dapat merealisasikan bantuannya sesuai dengan peruntukannya. 
Dalam pengarahannya, kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan TrucukI lham Budiono mengatakan, “dengan adanya monitoring, lembaga harus bisa mensikapi dengan positif, karena tujuannya adalah untuk pembinaan “. ” dengan adanya monitoring ke lembaga, bisa mencegah penyimpangan penggunaan dana bantuan ” lanjutnya.

Menurut Novi, tim monitoring dari Kabupaten, dalam sambutannya, tujuan monitoring adalah untuk pembinaan internal dari Dinas Pendidikan Kabupaten. Karena kalau nanti di monitoring dari intansi lain, seperti BPKP, BPK dan Inspektorat, apabila di temukan penyimpangan di lembaga, maka akan di suruh mengembalikan dana yang di selewengkan.
“Disamping itu, kewajiban lembaga harus menyampaikan laporan  secara online maupun manual” lanjutnya. 

Dalam monitoring kali ini, sampel lembaga yang akan di monitoring yaitu 2 lembaga Taman Kanak-Kanak, 2 Kelompok Bermain dan 2 Pos Paud.Laporan bop tahun ini, sangat menguras pikiran, sebab mesti revisi terus” ujar annis pendidik asal guyangan.

Dalam pelaksanaan monitoring kali ini, di masing – masing lembaga di teliti, satu persatu baik laporannya maupun barang – barangnya, apakah sudah sesuai dengan RKAS atau belum.
Diharapkan dengan adanya monitoring ke lembaga, kekurangan – kekurangan yang ada, dapat di meminimalisir sedini mungkin, sehingga tidak terjadi penyimpangan anggaran. (suley)

No comments