Header Ads

Himpaudi Jayaa

Kreatifitas Pendidik & Orang Tua Untuk Gernas Baku

Purwosari - “Mana ya foto lembagaku yang menerima piala?” tanya Yuli, pendidik Pos Paud dari desa Donan Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur setelah acara selesai rabu (02/05/2018). Disambung dengan yang lain, karena memang ingin melihat kenangan yang sangat spesial ini, yaitu berpose bersama orang tua dan hasil karyanya. Acara yang dikemas dengan singkat tapi penuh makna oleh Himpaudi kecamatan Purwosari dalam mengisi serangkaian program dari Kemdikbud Ditbindikel dan Dirjen Paud dan Dikmas. Bersamaan dengan HARDIKNAS, 2 Mei 2018 soft launcing Gernas baku di tingkat kecamatan ditandai dengan bacaan Basmallah oleh Ketua Forum PAUD Kecamatan, dilanjutkan dengan menuliskan pendapatnya tentang “buku untuk anak usia dini...” disusul Bunda PAUD Kecamatan, Penilik PAUD, Pengawas TK dan Pengawas TK/SD UPT Pendidikan wilayah XII, serta Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. 

Adapun alasan mengambil tema “Dengan semangat Gernas Baku kita tingkatkan kreatifitas & Sinergitas Pendidik dan Orang Tua dalam menumbuhkan Minat Baca Anak”, adalah dengan tujuan agar terjalin hubungan atau kerjasama yang baik serta berkelanjutan antara orang tua dan pendidik di semua lembaga PAUD terutama dalam hal menumbuhkan minat baca anak, ungkap ketua HIMPAUDI, Nurin Nuzulia. “Oleh karena itulah hari ini kegiatannya kerjasama antara pendidik dan ortu membuat big book. Mengapa big Book? iya karena akan lebih luas mengembangkan kreatifitasnya dalam membuat buku yang terbuat dari bahan apa saja, yang penting dengan ukuran besar,kuat atau awet karena akan dipegang dan dilihat oleh anak usia dini. Selain itu tema bebas, terutama yang dekat dengan anak, atau yang disukai anak-anak, bisa berupa gambar-gambar dengan tulisan sedikit dan ukuran yang besar”, jelas Nurin. 

Dalam waktu yang singkat, sambil dihibur tampilan rampak dan gerak lagu dari anak-anak An Nuur Purwosari, serta gerak lagu “Gernas Baku” oleh Pendidik bersama semua yang hadir, Alhamdulillah telah jadi minimal satu buku tiap lembaga. Satu persatu orang tua yang didampingi pendidik menunjukkan dan menjelaskan buku yang telah dibuatnya kepada Penilik PAUD Bapak Abdul Majid, S.Pd dan Pengawas TK Ibu Dra Siti Aswin. Terlihat sangat interaktif dan akrab dengan keduanya, karena memang selama ini pembinanaan dan komunikasi terjalin sangat baik. Alhamdulillah ternyata ortu murid juga sangat kreatif, yang tentunya atas bimbingan dari para pendidik PAUD, yang lebih dulu menerima ilmunya tentang pembuatan “Big Book”, yaitu di pertemuan rutin HIMPAUDI bulan Februari. Acara diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada setiap lembaga atas partisipasinya dalam acara soft launcing GERNAS BAKU di tingkat kecamatan, berupa plakat yang terbuat dari mika, bertuliskan “GERNAS BAKU”. Nah, kita tunggu kelanjutan dari Gernas Baku ini, yaitu di puncak acara tanggal 5 Mei 2018 di masing-masing lembaga PAUD. (Nurin Nuzulia Pendidik TK Islam An Nuur)

No comments