Header Ads

Himpaudi Jayaa

Hari Pertama Sekolah

Purwosari - Pagi itu, Senin 16 Juli 2018 terlihat sejuk dipandang mata. Para ustadzahnya pakai jilbab hijau muda, anak-anak pun cerah ceria dengan seragam merah kotak-kotak dan jilbab putihnya. Itulah suasana pagi yang pertama kali terlihat di saat HPS atau Hari Pertama Sekolah di TK Islam An Nuur Purwosari Bojonegoro. Ditambah lagi dengan banner besar ucapan selamat datang yang terpampang di pintu gerbang, serta roncean warna-warni yang diatur zig zag dengan tali di bawah pohon mangga yg rindang, menambah meriahnya sambutan lembaga ke orang tua dan anak didik baru.

Alhamdulillah berjalan lancar, upacara penyambutan dengan dibacakannya sambutan dari Pj Bupati Bojonegoro Dr. Supianto, SH. MH, oleh staf pemerintah desa ibu Aslih Noor Rida. Acara dilanjut dengan simbolis penandatanganan berita acara serah terima dari orang tua ke pihak sekolah, dan pengarahan sedikit dari ust Nurin Nuzulia tentang tata tertib bagi orang tua yang mendampingi putra putrinya di hari-hari pertama ke sekolah. Setelah upacara penyambutan, pengenalan lingkungan sekolah di hari pertama ini adalah lingkungan kelasnya masing-masing. 

Ada empat rombel dari A1-A4 yang dikelompokkan berdasarkan usia. Masih tampak tenang suasana kelas, yang terdengar hanyalah suara ustadzah yang memimpin dari bacaan Asmaul Husna, sampai kenalan satu persatu nama anak dengan nada lagu yang menjadi ciri khas pembelajaran di PAUD. Mau tau? Ini salah satu contoh lirik lagunya... Saya namanya ustadzah Lia Punya banyak teman di A1 Ada yang namanya.... (sambil melihat satu persatu nama anak yang ada di kalung yang disediakan ustadzah) Inilah cerita Hari Pertama Sekolah, meskipun sebenarnya di PAUD belum pas kalau disebut sekolah, karena belajarnya adalah melalui bermain. 

Tetapi masyarakat lebih mudah memakai istilah "sekolah", ya... Okeylah tidak apa-apa, yang penting implementasi di lembaga PAUD tidak keluar dari kaidah-kaidah pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. May useful, EnNuzul

No comments