Header Ads

Himpaudi Jayaa

TIM GURITA BERGERAK KUATKAN LEMBAGA PAUD BERKUALITAS

 


Pendidikan Anak usia dini yang merupakan pembangunan pondasi bagi kehudupan manusia, membawa pengaruh terhadap sikap dan juga kesuksesan manusia 20 tahun mendatang. Dalam pelaksanaannya tentu lebih berkualitas dibanding dengan pendidikan di jenjang atasnya. Untuk itu perlu kompetensi yang memadai sebagai pendidik anak usia dini.

Menurut hasil pengamatan dari Litbang Diklat, masih banyak pembelajaran yang dilakukan di lembaga-lembaga PAUD di Indonesia khususnya di Kabupaten Bojonegoro yang jauh dari standart dan prinsip pendidikan anak usia dini.

Masa pandemic covid 19 yang menjadikan pergeseran yang luar biasa dan memaksa semua elemen untuk beradaptasi dengan keahlian yang terbatas termasuk pendidikan. Tidak dipungkiri akibat adanya pembatasan dalam pembelajaran saat pandemic, menjadikan anak usia dini minimnya rangsangan sesuai dengan kebutuhan dan tahapan usianya. Pendidik yang tidak memiliki kreatifitas jatuhnya hanya menstimulasi aspek kognitif dengan memberikan lembar kerja-lembar kerja. Pembelajaran online pun turut andil meningkatnya interaksi anak dengan gadget dan sosial media, menjadikan anak-anak lost konsentrasi.

Pemerintah memiliki langkah strategis kegoncangan pendidikan pasca pandemic yang mengalami lost learning, Itulah mengapa kementrian pendidikan meluncurkan kurikulum prototype sebagai kurikulum pilihan untuk menjawab tantangan global dan juga sebagai solusi lost learning dalam bidang pendidikan.

Sebagai organisasi yang memiliki semboyan Transformatif, Responsif dan Adaptif dengan kondisi sosial budaya dan perkembangan infromasi dan teknologi yang luar biasa, diharapkan pendidik paud khususnya yang tergabung dalam lascar Himpaudi mampu menjalankan sesuai semboyannya.

Mengingat juga kementrian pendidikan yang menjadi garapan tahun ini adalah kualitas lembaga, untuk itu organisasi himpaudi menyambut dan responsive terhadap peraturan dan kondisi pendidikan anak usia dini di Indonesia dengan menyusun program “Pendampingan PAUD Berkualitas”.

Pendampingan yang dimaksud ini bukan hanya pendampingan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran di lembaga, namun pendampingan yang lebih luas yang mencakup peningkatan kemandirian pendidik PAUD Non formal di seluruh Kecamatan Bojonegoro.

Hal ini dilatarbelakangi belumnya diakui pendidik PAUD sebagai guru dalam Undang-Undang sehingga mempengaruhi hak kesejahteraan guru-guru PAUD. Dengan pendampingan ini diharapkan pendidik PAUD yang memiliki usaha kita angkat dan kita bantu pemasarannya melalui bidang Kesosek yang bekerjasama dengan Koperasi Mandiri Jaya Perkasa.

Berlatar belakang inilah HIMPAUDI Bojonegoro  bertekad bergerak bersama dengan membentuk TIM GURITA (Gerakan Kurikulum Berkualitas), yang dibagi 4 wilayah dengan zona terdekat. Gerakan TIM GURITA dilaksanakan secara serentak pada tanggal 2-3 Pebruari 2022. TIM GURITA dengan rasio 1:5 dimasing-masing kecamatan menyesusaikan jumlah lembaga yang ada di kecamatan.

Adapun strateginya dapat digambarkan sebagai berikut :

a.   Satu Cluster terdiri dari enam kecamatan dengan pendamping dari Pengurus     Daerah tiga orang.

b.    Setiap PC menyiapkan anggotanya (boleh dari pengurus atau anggota himpaudi)   yang dianggap mampu dan mau untuk maju, berkembang dan visioner dengan   perbandingan 5 lembaga : 1 orang. Contoh jika jumlah lembaga di kecamatan   ada   30 maka PC menunjuk 6 orang.

c.      Pendidik yang ditunjuk oleh kecamatan akan dijadikan sebagai team Gurita.

d.    Team Gurita akan mendapatkan pelatihan dalam menyusun KTSP dan lingkungan   belajar berkualitas

e.    Team gurita akan mendapatkan pendampingan khusus oleh PD Himpaudi           Bojonegoro dalam penyusunan KTSP dan pembelajaran.

f.     Tugas dari satu orang dari team Gurita akan mendapingi 5 lembaga yang sudah   dibagi oleh pengurus cabang.

g.    Pendampingan yang dilakukan oleh Tim Gurita adalah memberikan pelatihan dan   pendampingan penyusunan KTSP dan Lingkungan Belajar Berkualitas.

h.    Semua kegiatan ini akan dibuatkan surat perjanjian kerjasama (MOU).

Sebagai upaya meningkatkan dan membekali kemampuan TIM GURITA  sebelum melaksanakan tugasnya, koordinator wilayah akan mengawal TIM GURITA  selama 2 bulan (Pebruari s/d Maret  2022) dengan tekat “Tuntas KTSP dan Tuntas kualitas pembelajaran” dengan diagendakan Observasi dilembaga yang direkomendasikan oleh Pengurus Daerah Himpaudi Bojonegoro.

Pendampingan PAUD berkualitas yang dilaksanakan PD HIMPAUDI Bojonegoro semoga dapat mewujudkan cita-cita organisasi yang mandiri professional dan berkemajuan dengan gerakan satu hati, satu dedikasi dan satu aksi. (Yuli_WP)

No comments