Header Ads

Himpaudi Jayaa

PENINGKATAN KAPASITAS PENDIDIK WORKSHOP IMPLEMENTASI LOOSE PARTS DALAM MERDEKA BELAJAR DAN BERMAIN

 


Selasa, 8 Agustus 2022 Himpaudi Kabupaten Bojonegoro melaksanakan pembukaan Peningkatan Kapasitas Pendidik yang dikemas apik  dalam kegiatan Workshop Implementasi Loose Part Dalam Belajar dan Bermain. Kegiatan ini dirancang guna memfasilitasi penigkatan kompetensi pendidik KB, PP, TPA se Kabupaten Bojonegoro serta merespon baik program menteri pendidikan dalam memfasilitasi kemerdekaan bermain Anak Usia Dini.

Dalam sambutan ketua Himpaudi Bojonegoro Ibu Nani Rahayu Wulandari,S.Pd  mengatakan  bahwa Sebagai organisasi yang memiliki semboyan Transformatif, Responsif dan Adaptif dengan kondisi sosial budaya dan perkembangan informasi dan teknologi yang cepat, diharapkan pendidik paud khususnya yang tergabung dalam laskar Himpaudi mampu menjalankan amanah sesuai  semboyannya. Ibu Nani Rahayu Wulandari, S.Pd dengan panggilan akrabnya Kak Nani melanjutkan bahwa Kegiatan Workshop Implementasi Loose Part Dalam Belajar dan Bermain di ikuti oleh 993 pendidik yang terbagi dalam tiga gelombang yang dimulai pada tanggal 8-11 Agustus 2022. Workshop Implementasi Loose Part Dalam Belajar dan Bermain selain memiliki tujuan Peningkatan Kompotensi pendidik juga sebagai rangkaian acara memperingati HUT ke 17 Himpaudi.

Kegiatan ini memiliki tujuan Pendidik PAUD Non Formal di Kabupaten Bojonegoro, memiliki kemampuan memahami dan menerapkan media Loose Parts pada proses pembelajaran, mampu memanfaatkan media dengan baik, mengelola media dengan baik, maka pembelajaran akan bisa diterima oleh anak didik dengan baik, lanjut Kak Nani memberikan penguatan kepada peserta Workshop. Berikutnya kak Nani melporkan bahwa Strategi workshop di jadwalkan menjadi dua kegiatan, pertama penyampaian materi dan kedua  peer theaching, bagaimana cara pengaliran dan penggunaan bahan-bahan loose part dengan pengambilan tema dari buku.

Sambutan berikutnya sekaligus membuka acara disampaikan oleh Pengurus Wilayah Jawa Timur Sri Guntari, S.Pd, M.Psi,  bidang diklat dan litbang, beliau memberikan apresiasi kepada Pengurus Daerah Himpaudi Bojonegoro yang telah membuat kegiatan dan memfasilitasi pendidik untuk meningkatkkan kompetensi yang ingin belajar terkait dengan perubahan kurikulum merdeka dengan jumlah yang spetakuler. lanjutnya Guru PAUD adalah guru yg paling sejahtera secara psikologi, why ?. Pendidik PAUD suka tersenyum, bahagia dimanapun mereka berada.

Workshop Loose part adalah pilihan kegiatan yang dapat memfasilatsi kemerdekaan belajar dan bermain anak, kenapa loose part?. Loose part bentuk alat dan bahan yang kaya dengan nutrisi sensor motorik, banyak dimanipulasi dengan g berbagai cara anak yang satu yang lain tidak akan sama, dapat mendukung kreatifitas dan imajinasi, banyak mengembangkan ketrampilan, dapat dikompinasikan, pembelajaran terbuka, prinsipnya terbuka, tidak  ada aturan yang mengingat, tidak  ada ekspetasi, tidak  ada masalah, tidak  ada target hasil, tidak  ada patokan.

Sebagai tanda dimulainya kegiatan Workshop Implementasi Loose Part Dalam Belajar dan Bermain dibuka dengan bacaan Basmalah oleh Mbak Arik. dengan niatan Tholabul ilmi, menjadi pembelajar sejati. (Yuli_WP)


No comments