Header Ads

Himpaudi Jayaa

Apresiasi Parade Balok dan Komunikasi Bahasa Ibu


BOJONEGORO - Minggu, 28 April 2019 masih dengan rangkaian acara Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, di adakan apresiasi untuk anak didik berupa parade balok. parade balok di ikuti sebanyak 27 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari tiga anak. Anak-anak sangat semangat sekali, dalam menuangkan imajinasinya dalam menyusun balok-balok yang berjumlah kurang lebih 100 pics.

Kemandirian anak sangat berperan sekali dalam parade balok, karena masih terlihat ada anak yang belum bisa mandiri, sehingga masih perlu adanya bantuan dari pendampingnya. anak yang mengikuti parade balok adalah usia 3-4 tahun, sesuai dengan usianya seharusnya anak sudah bisa mandiri. disamping kemandirian anak, harapan dari parade balok ini adalah untuk mengetahui seberapa berkembangnya anak dalam kerjasama, pemahaman bahasa anak yang di tuangkan dalam penyusunan balok-balok.

Untuk parade balok menurut pengamatan dewan juri, masih banyak pendamping yang kurang percaya diri terhadap kemampuan anak didiknya, sehingga masih banyak yang memakai konsep yang diajarkan dari lembaganya, begitu juga dengan konsep bahasa, anak-anak masih menggunakan konsep dari pendampingnya. harapanya ke depan dalam parade balok, anak-anak diberikan kebebasan untuk menuangkan imajinasinya. Adapun untuk juara apresiasi parade balok adalah Kecamatan  Bojonegoro juara satu, Kecamatan Sumberrejo juara dua dan Kecamatan Bubulan juara tiga, Piala apresiasi parade balok di serahkan oleh ibu Dra. Endang Agustini, MM Kasi PAUD dan Pendikel.

Dalam rangkaian acara Hardiknas hari ini ada dua Apresiasi, satu apresiasi untuk anak didik dengan parade balok dan yang kedua apresiasi komunikasi bahasa ibu yang melibatkan anak dan ibu. dalam parade komunikasi bahasa ibu dan anak di titik beratkan pada pemahaman anak terhadap perintah ibu dengan menggunakan bahasa yang sedaerhana dan berkarakter, mandiri dan kompak.

Dewan juri komunikasi bahasa ibu dan anak sangat mengapresiasi terhadap semua peserta, terhadap keberanian anak-anak tampil di depan, karena  parade komunikasi bahasa ibu ini untuk usia 2-3 tahun. diharapkan dengan adanya apresiasi komunikasi bahasa ibu dan anak, orang tua bisa memahami dan mengarahkan pada anaknya untuk mengembangkan bahasa yang dimiliki dengan baik dan benar, di tengah-tengah perkembangan teknologi informatika yang sangat pesat ini.

Untuk juara apresiasi komunikasi bahasa ibu meliputi Kecamatan Balen juara satu, Kecamatan Temayang juara dua dan Kecamatan Kalitidu dapat juara tiga. penyerahan tropi untuk para juara di sampaikan oleh ibu Kasi PAUD dan Pendikel dengan di dampingi oleh ibu Nurul Hasanah, S.Pd selaku Ketua Himpaudi Kabupaten Bojonegoro.(sule)


No comments