Header Ads

Himpaudi Jayaa

PENGIMBASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR BERKUALITAS

 


Selasa, 21 September 2021 PKG Cahaya Mentari Kecamatan Bojonegoro melaksanakan Pengimbasan Pengelolaan Lingkungan Belajar berkualitas bertempat di SDN Campurejo Jl. Lisman No.04 Desa Campurejo Kecamatan Bojonegoro.  Pengimbasan Lingkungan Belajar Berkualitas dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Bimbingan Teknis Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas melalui PKG PAUD  yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 13-14 September 2021.

Sasaran dari Pengimbasan Lingkungan Belajar Berkualitas Kecamatan Bojonegoro adalah Satuan Pendidikan Kecamatan Bojonegoro yang tergabung pada 10 Gugus PAUD,  diwakili oleh 1 lembaga 1 orang yang berjumlah 109 Lembaga terdiri dari layanan TK, KB, PP dan TPA.  Ketua PKG Cahaya Mentari Ibu Sri Winarni, S.Pd mengatakan bahwa yang menjadi nara sumber pada Pengimbasan Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualiatas adalah yang telah mengikuti bimtek yakni Lailatul Musyafa’ah, S.Sos dan Sholehah Yuliati, S.Ag.

Pada acara sambutan Dra. Sucipto, M.Pd, selaku Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan  Bojonegoro menyampaikan Harapan, kepada peserta untuk ikhtiar dan sama-sama membangun lingkungan belajar yang dapat membuat anak-anak pada  lingkungan yang tepat, yakni pada lingkungan yang  menyenangkan, dan ceria, selesai belajar,  anak memiliki kesan yang berkualitas  dan  bermakna. Dalam sambutanya Dra. Sucipto, M. Pd,  menambahkan, dalam merencanakan Lingkungan Belajar Berkualitas  

Tidak bisa lepas dari 8 standar yg telah ditentukan. Lingkungan Belajar Berkualitas pada dasarnya semua layanan PAUD telah melaksanakan, tinggal bagaimana memotivasi, mendongkrak kembali, menfasilitas dalam membentuk lingkungan belajar yang baik.

 

Rangkaian acara selanjutnya adalah Pengarahan dan penguatan yang disampaikan oleh Ninik suhartini, M.Pd. selaku Kasi  Kurikulum dan PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, sekaligus melaksanakan pendampingan Pengimbasan Pengelolan Lingkungan Belajar Berkualitas di Kecamatan Bojonegoro.

Ibu Ninik panggilan akrab beliau, menyampaikan bahwa Pengimbasan Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas adalah Program Direktorat PAUD tahun 2021 yang harus dilaksanakan, hukumnya wajib atau tidak ada istilah menunda dalam memfasilitasi proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan Anak Usia Dini, yakni menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas.  Program berkelanjutan ini harus didukung oleh berbagai pihak  dengan situasi yang kita hadapi saat ini,  situasi pandemi, new normal, memaksa kita untuk mampu berinovasi, berkreatifitas dengan potensi yang dimiliki masing-masing satuan pendidikan PAUD dengan  tetap menjaga diri, waspada  dengan memperhatikan prokes Covid-19

Menjadi satu keharusan  Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro memfasilitasi, mendampingi mengevaluasi Bagaimana cara melaksanakan program pembelajaran yang menyenangkan dilingkungan sekolah PAUD. Beliau menegaskan bahwa PKG lah yang harus mengawal melalui Gugus PAUD, dimana Gugus PAUD sebagai tempat menimba ilmu, saling sharing, menjadikan gugus PAUD sebagai bengkel kerja guru dalam meningkatkan kompetensi.

PKG satu wadah, satu rumah yang memiliki peran dan fungsi masing-masing, oleh sebab itu Himpaudi dan IGTKI harus mepahami, saling mengisi, saling menguatkan, demi suksesnya membangun lingkungan belajar berkualitas.

Beliau menambahkan bahwa Penekanan Lingkungan Belajar Berkualitas dimulai dari lembaga sendiri. dalam pengembangan Lingkungan Belajar Berkualitas tidak lagi bicara secara kuantitas, namun sudah saatnya sekarang bicara kualitas. Tidak lagi bicara jumlah  murid 200 itu adalah lembaga yang bagus dan berkualitas, namun bagaiman kita mampu mengelola satuan PAUD menjadi berkualitas, bagaimana Kualitas melayani,  kualitas  kompetensi pendidik, kualitas sarana, menjadikan PAUD bermutu.

untuk mewujudkan itu semua harus disambungkan dengan PAUD HI secara Holistik.  Ada dua item perlu diperhatikan  rintis mulai sekarang yakni  ; Bermutu layanannya, bermutu sarana, bermutu pendidiknya dan bermutu managementnya. (Yuli_WP/anggota PKG Cahaya Mentari Kec. Bojonegoro)

No comments