Header Ads

Himpaudi Jayaa

RAPAT KERJA DAERAH (RAKERDA) HIMPAUDI KABUPATEN BOONEGORO

 




Selasa, 22 Desember 2021 Himpaudi Kabupaten Bojonegoro melaksanakan Rapat Kerja Daerah  (Rakerda) di Hotel Merah Sarangan Jl. Raya Telaga Sarangan Kec.Plaosan Kab.Magetan. Rakerda dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanah Anggaran Rumah Tangga  Bab V Pasal 20 butir 3. Rakerda diikuti oleh 126 orang yang terdiri dari 14 orang Pengurus Daerah dan 112 orang Pengurus Cabang dari 28 kecamatan, yang didelegasikan kepada Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Bidang Organisasi.

Kegiatan Rakerda diawali dengan Sambutan ketua Himpaudi Kabupaten Bojonegoro, Nani Rahayu Wulandari, S.Pd menyampaikan dan mengajak kepada seluruh anggota untuk merapatkan barisan dan menentukan program-program ke depan dengan “Memperdayakan dan Memberi Nilai lebih kepada pengurus cabang dan anggota”.

Keistimewaan bagi Himpaudi Bojonegoro Rakerda dibuka langsung oleh Ketua Himpaudi Wilayah Jawa Timur, Bapak Imam Mahmud, M.Pd, sekaligus memberikan penguatan organisasi. Bapak Mahmud menyatakan bahwa dalam Merumuskan program kerja yang baik, organisasi profesi Rakerda direncanakan periode akhir tahun, dengan mekanisme semua program mengaju pada hasil Rakernas, Rakerwil dan dirumuskan pada Rakerda dan dilanjutkan ke Rakercab. sesuai dengan aturan ART dalam satu periode minimal dilakukan minimal 2 kali. dapat dilaksanakan diawal atau dipertengahan tahun. Pelaksanaan program semua harus mengaku ditahun berjalan, yang dibuat sebagai ajuan program kerja tahun 2022-2023.

Dalam kesempatan Rakerda Himpaudi Bojonegoro ini Bapak Mahmud mengucapkan selamat hari ibu, serta mengingatkan Jati diri seorang ibu, misal pada masa Indonesia banyak musibah seyogyanya seorang ibu terus bergerak yang dapat disebut sebagai  esensi kepedulian seorang ibu, fitroh seorang ibu hakekat pendidikan sesungguhnya adalah tanggungjawab ibu.

Sebagai organisasi yang mandiri, professional dan berkemajuan Himpaudi harus bergerak Satu Hati, Satu Dedikasi dan Satu Aksi, dengan terus berbagi bergerak dan berbahagia, bergerak selalu memberikan kemanfaatan. berbagi esensi setiap manusia tumbuh pribadi, bergerak dan bersyukur. Berbagi ketika punya banyak atau kekurangan. Sebagai dasar Allah telah berpesan dalam Surat Ali Imron 133-134 yang artinya ;

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”

Sebelum mengakhiri penguatan organisai  Bapak Imam Mahmud menitipkan tiga pesan sebagai organisasi yang indenpenden harus di tahun 2022 dan harus memiliki jiwa yang Tranformatif, Responsif dan Adaptif.

Transformatif yaitu melakukan perubahan  percepatan, responsif terhadap semua proses perubahan. Regulasi terus berubah  walau regulasi Bojonegoro belum memihak namun harus terus bergerak, menyesuaikan perkembangan up date misal terkait kurikulum baru, Himpaudi harus cepat menanggap dan merespon. pada kurikulum baru Penekanan pada Merdeka belajar dengan memperhatikan empat hal :

1.Belajar anak Berpusat pada bermain

2.Penguatan literasi dini.

3. Pembelajaran berbasis proyek.

4. Kesiapan anak masuk sekolah.

Peserta Rakerda Nampak antusias terhadap informasi dan penguatan dari bapak Mahmud dengan seksama mengikuti sampai akhir dengan membangun komitmen menyusun program tahun2022-2023 pada Pleno II, Sidang Komisi. (Yuli_WP)

No comments