Header Ads

Himpaudi Jayaa

“Senang Buku, Generasi Pembuka Jendela Dunia” Ayo Guru Paud…Membaca

Bagaimana perasaan para orang tua, para guru PAUD dan siapa saja yg melihat anak2 usia dini senang dengan buku? Senang? sedih? kawatir stres? Saya yakin seratus persen, siapapun anda akan berkata senang dan bahkan bersyukur melihat anak senang buku. Apalagi di zaman digital saat ini, akan langka atau mungkin sulit kita temui anak anak yg duduk duduk dengan baca buku.
Padahal ada kata ulama yg berbunyi “khoiru jaliisin fizzamaani kitaabun” sebaik baik teman duduk di setiap waktu adalah buku.
Para guru Paud seharusnya sudah paham, dan tidak menjadi dilema lagi antara tuntutan masyarakat atau ortu dengan permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional paud,yang di standar tingkat pencapaian perkembangan sudah mencantumkan mengenal huruf, dan lambang bilangan. Dengan kreatifitas yang dimiliki guru paud, pengenalan calistung akan bisa membawa anak anak usia paud untuk senang dengan buku.
Marilah para guru paud, kita tata niat kita yang semula kreatifitas pra membaca dengan tujuan agar anak anak bisa membaca, dirubah dengan agar anak anak senang buku. Dengan rasa senang, kemudian ingin membuka dan pastilah ingin tau isinya, yaitu dengan membacanya.
Apalagi kalau kita stimulus anak anak dengan buku buku baru, kita anggarkan setiap bulan untuk menambah buku bacaan anak,kita anggarkan dana BOP nanti dengan buku bacaan anak, maka akan lahirlah para generasi yang akan membuka jendela dunia.(ennuzul)

No comments