Header Ads

Himpaudi Jayaa

APBDes dan Kemajuan PAUD





Dapat mengikuti kegiatan Bunda Forum Paud Kabupaten Bojonegoro ada kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, untuk bertemu dengan seorang istri pejabat orang nomor satu di Kabupaten Bojonegoro bukan hal yang mudah. Karena harus melewati aturan protokoler. Tentu saja kesempatan yang sangat baik itu kami manfaatkan sebaik-baiknya.
Dengan modal kamera tim Himpaudi yang terdiri dari 5 orang pengurus Himpaudi, seorang dari Dinas dan seorang dari tim majalah Himpaudi Jatim siap mewancarai Ketua Forum Paud Kabupaten Bojonegoro Ibu Mahfudhoh Suyoto, M.Si di Rumah Dinas Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. 

Menurut Ibu Mahfudhoh pendidikan Paud itu sangat penting. Kalau anak usia paud tidak didik entah bagaimana nantinya. Untuk itu usia Paud harus dimasukkan ke lembaga paud. Karena siapa tahu besok diantara anak tersebut besok setelah dewasa akan menjadi seorang pemimpin. Untuk itu sejak di lembaga Paud anak-anak harus mendapatkan pendidikan karakter. Himpaudi dan Mitra pemerintah lainnya harus bisa diajak kerjasama untuk mewujudkannya.

Tentang pendidik Paud masih banyak Sumber Daya Manusia (SDM) kita hanya lulusan SMA bahkan lulusan SMP. Akan tetapi pemerintah berusaha untuk meningkatkan SDM pendidik Paud melalui pelatihan-pelatihan ataupun Diklat. Karena mendidik anak usia dini itu tidak semudah mendidik orang dewasa. Salah sedikit dalam mendidik maka akan berakibat fatal dikemudian hari. Dalam bincang-bincang tersebut Ibu Ketua Forum Paud juga mengatakan betapa pentingnya pendidikan Karakter sejak Dini.

Untuk mengawalinya beliau mengharapkan agar di lembaga Paud, anak-anak diajak untuk peduli sampah dan antri. Dengan dua hal tersebut saja sudah banyak manfaat yang akan didapat. Anak akan memiliki rasa tanggung jawab, menghargai orang lain, belajar disiplin, dan memiliki perencanaan dalam dirinya. Pendidikan anak usia dini di sebagian masyarakat Bojonegoro mungkin itu belum menjadikan pendidikan yang penting.

Sehingga yang peduli akan paud khususnya kader paud atau pendidik paud mau berkunjung ke rumah-rumah orang tua yang memiliki anak usia paud agar mau menyekolahkan anaknya ke lembaga Paud. Mengenai kesejahteraan pendidik Paud, pemerintah berupaya membantu memberikan insentif meski tidak banyak. Untuk itu pemerintah juga mengharapkan agar pemerintah Desa menganggarkan dana untuk insentif pendidik paud melalui APBDes.

Selain itu juga agar di lembaga Paud dibentuk komite dan bermusyawarah untuk membantu kegiatan di Lembaga Paud. Ketua Forum Paud Kabupaten Bojonegoro ibu Mahfudhoh Suyoto juga mengucapkan terima kasih kepada Himpaudi selaku mitra pemerintah mudah diajak kerjasama dan mempunyai semangat yang sama untuk meningkatkan kualitas lembaga dan pendidik paud. (Endang Mayank)

No comments