Header Ads

Himpaudi Jayaa

BIMTEK PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR BERKUALITAS

 


Selasa, 15 September 2021 telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Lingkungan Belajar Berkualitas di Satuan PAUD Melalui Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kab. Bojonegoro.

Bimtek LBB  diikuti oleh PKG 28 Kecamatan ditambah dengan perwakilan Pengurus Himpaudi Kabupaten dan Pengurus IGTKI Kabupaten, Bimtek LBB  dilaksanakan selama dua hari tanggal 13-14 September tahun 2021 bertempat  di ruang pertemuan Koperasi berdikari Jl. Panglima Polim No. 44 Bojonegoro.  

Tanggal 13 September 2021 pada acara pembukaan, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bojonegoro Dandi Suprayitno, AP,MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa peserta Bimtek Pengelolaan lingkungan Belajar Berkualitas memiliki kewajiban untuk melakukan pengimbasan kepada lembaga diwilayahnya masing-masing. Beliau memberikan motivasi kepada peserta Bimtek LBB, untuk menyakini bahwa mengamalkan ilmu adalah kesempatan dan peluang beramal jariyah. selanjutkan mengatakan Bimtek LBB adalah upaya meningkatkan layanan PAUD yang berkualitas dalam memberikan stimulasi kepada anak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak usia dini, selain itu penajaman kompetensi pendidik perlu ditingkatkan dalam menyiapkan pendidik yang professional.

Ada 10 Mata ajar yang disampaikan oleh pemateri yakni ; Materi Umum_PAUD Berkualitas, Materi Bimtek LBB_Program Lingkungan Belajar Berkualitas, Materi Bimtek LBB_ Pencegahan dampak hilangnya kesempatan belajar selama masa pandemi covid-19, Materi Bimtek LBB_Konsep dan Implementasi LBB, Materi Bimtek LBB_Panduan Penyelenggaraan Lingkungan Belajar Berkualitas, Materi Bimtek LBB_Pembelajaran Berdiferensias, Materi Bimtek LBB_Pembelajaran Berbasis Proyek, Materi Bimtek LBB_Asesmen Otentik dll. Masing-masing materi disampaikan oleh pemateri yang kompeten dibidangnya yaitu ; Bapak Misadi Santoso dari BP PAUD Jawa Timur dan Bapak Bangun S, M.Pd

Pemateri berupaya mengajak peserta untuk mamahami, merubah mindset serta  keluar dari zona aman paradigma lama, dengan memperhatikan Prinsip lingkungan Belajar Berkualitas yaitu :

1.       Kualitas lingkungan dan alat pembelajaran.

2.       Interaksi guru dan anak

3.       Pembelajaran berpusat pada anak

4.       keterlibatan orang tuan dan masyarakat.

5.       Lingkungan Pendidikan yang inklusif

6.       Pendekatan bermain dalam belajar

7.       Kualitas guru dan Tenaga Kependidikan.

8.       Pembelajaran berbasis Proyek dan pembelajaran diferensiasi

 

Paska Bimtek LBB masing-masing PKG harus membuat rencana tindak lanjut untuk pengimbasan dan mengimplementasikan kepada satuan PAUD,   berkoordinasi dengan organisasi Mitra Himpaudi dan IGTKI.

Penjamin mutu dan pendampingan LBB dibagi menjadi 7 titik menyesuaikan jumlah Pengawas yang ada di Kab. Bojonegoro.  Setiap bulannya masing PKG berkewajiban membuat laporan dan Evaluasi secara berkala kepada Dinas Pendidikan Kab. Bojonegoro. (Yuli PD Himpaudi_Bjn).

No comments