Header Ads

Himpaudi Jayaa

Gernas Baku 2019 Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro



BOJONEGORO- Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro sebanyak 560 anak dan orang tua dari 28 Kecamatan se Kabupaten Bojonegoro, mengikuti acara Gereakan Nasional Membacakan Buku (Gernas Baku) tahun 2019. Acara Gernas Baku tahun ini dirangkai dengan acara Hari Anak Nasional (HAN), acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Bapak Khuzaini, dalam sambutanya khuzaini menyampaikan bahwa orang tua harus memperhatikan anak dalam perkembangan di era digital ini, sebab di dalam dunia maya banyak konten-konten yang tidak mendidik, sementara orang tua tidak selalu bisa mengawasi anaknya dalam menggunakan hanphone, dengan adanya orang tua membacaka buku pada anaknya, sedikit banyak akan terjalin komunikasi antara orang tua dan anak.

Peserta Gernas Baku mulai berdatangan ke tempat acara mulai pukul 6.30 WIB ada yang rombongan ada juga bawa kendaraan pribadi. acara gernas baku ini di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro bekerjasama dengan organisasi mintra diantaranya Himpaudi, Forum TBM dan IGTKI. Imam Muhlas selaku ketua panitia dalam sambutannya menyampaikan pentingnya budaya baca ditanamkan sejak dini, karena dengan membaca akan terbuka jendela dunia. dengan adanya peran serta orang tua dalam membacakan buku pada anaknya, sedikit banyak bisa mengurangi kecanduan anak akan gadget.

Sebelum acara orang tua membacakan buku pada anaknya, acara diisi dengan senam gernas baku yang di pimpin oleh pengurus FTBM dan Pendidik dari Himpaudi maupun IGTKI. Dengan semangat ibu dan anak mengikuti senam gernas baku yang di pandu oleh para pendidik, keceriaan anak-anak sangat tampak segali dari gerakan-gerakan yang di lakukan. setelah pukul 9.30 acara gernas baku di mulai, masing-masing orang tua yang telah siap dengan bukunya mulai membacakan anaknya cerita yang ada di dalam buku. kurang lebih 20 menit orang tua dengan seriusnya membacakan buku cerita pada anaknya, dengan ekpresi dan intonasi masing-masing.

Gernas baku tahun ini berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, karena baru tahun ini gernas baku di adakan secara resmi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten, sementara tahun yang lalu di adakan oleh organisasi mitra dan lembaga-lembaga. mudah-mudahan untuk kedepannya acara seperti ini bisa berkelanjutan dan diadakan oleh Dinas Pendidikan. (sule)

No comments